Media Website Pada PR Digital





Media Website Pada PR Digital


             Media Website adalah sarana berbentuk halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Dan merupakan salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusiannya. Serta merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

            Memang perkembangan teknologi tidak dapat dibendung lagi. Apalagi semenjak adanya Internet yang berkembang sangat pesat. Internet, dibanding radio dan televisi, penetrasinya di masyarakat termasuk yang paling cepat. Dalam waktu lima tahun saja pengguna internet mencapai 50 juta orang. Sementara radio membutuhkan waktu 38 tahun dan televisi 13 tahun.

            Setiap saat selalu saja ada inovasi terbaru yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi aspek hidup kita. Tak terkecuali aspek pekerjaan seorang praktisi Public Relations (PR). Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan terhadap tugas dan peran PR. Keberadaan Internet membawa banyak manfaat bagi praktisi PR.  Namun, perlu diingat bahwa keberadaan media Internet tidak mengganti media PR lainnya. Internet adalah salah satu alat yang  jika dimaksimalkan dengan baik, seorang praktisi PR dapat membangun reputasi dan citra perusahaan dengan efektif.

           Praktisi PR adalah seseorang yang harus dapat berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan melalui berbagai media. Perkembangan teknologi komunikasi menghadirkan sebuah media baru bagi praktisi PR yaitu media PR kontemporer. Bahkan kini, terdapat kajian baru dalam ilmu PR yaitu PR on the Net atau Cyber PR. Media PR kontemporer terdiri dari media massa online (newspaper online, magazine online, digital radio, digital television); media non-massa online (chatting, teleconference, videoconference); dan media sosial online (Facebook, Twitter, Blog).

           Seorang praktisi PR yang baik harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi-teknologi terbaru. Dengan menguasai media Internet, para praktisi PR mampu menjangkau publik mereka tanpa harus diintervensi oleh gatekeeper yang melakukan sensor terhadap terbitnya suatu informasi. Sebaliknya, publik juga dapat berkomunikasi kepada PR melalui media kontemporer yang telah ditentukan oleh praktisi PR.

           Untuk itu seorang PR yang baik harus dapat beradaptasi dalam penggunaan berbagai macam media demi tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi tempatnya berkarya.


Daftar pustaka:

http://www.proweb.co.id/articles/web_design/website_adalah.html
Online Public Relations, A practical guide to developing an online Strategy in the world of social media
. David Phillpis & Philip Young.
Online Communication Linking Technology Identity and Culture. Andrew F. Wood & Matthew J. Smith.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Relation dan Komunikasi Digital

Alat PR Digital

Strategi Kampanye PR Digital