Media Relation PR Digital
MEDIA RELATIONS PR DIGITAL
Hubungan media adalah aktivitas yang
dilakukan oleh individu ataupun profesi humas suatu organisasi untuk menjalin
pengertian dan hubungan baik dengan media massa dalam rangka
pencapaian publikasi organisasi yang maksimal serta berimbang (balance). Hubungan
Media membutuhkan komunikator untuk menjadi kreatif, inspirasi, dan adaptif
dalam membangun hubungan yang profesional dan produktif dengan pers.
Mempertahankan
hubungan seperti itu merupakan upaya berkelanjutan yang harus dipupuk dengan
hati-hati sehingga organisasi mampu melukiskan suatu gambar tertentu dari
peristiwa yang terjadi atau di sekitarnya. Komunikator perusahaan perlu membawa
pendekatan kreatif dalam menyebarkan informasi kepada pers atau saluran media,
dengan mengingat informasi akan mempengaruhi citra organisasi. Membuat hubungan
yang terbuka dengan media memungkinkan komunikator perusahaan melayani sebagai
suatu sumber daya dimana media dapat berubah sebelum go publik dengan cerita.
Adapun ruang yang terbatas dalam
media massa tentu tidak akan menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi seorang
praktisi Humas jika dapat membina hubungan baik sejak awal dengan instansi -
instansi media massa, karena dengan adanya hubungan yang baik maka kemungkinan
pemuatan berita atau Press Release lebih besar.
Banyak
metode yang digunakan Praktisi Humas dalam upayanya untuk membangun Media
Relations yang baik dengan Media Massa, berikut metode - metodenya :
- Konferensi Pers : metode ini sering sekali kita dengar, khususnya dalam dunia Media Elektronik Tv. Bagi seorang Humas Konferensi Pers sangat efektif untuk mengklarifikasi krisis atau isu yang terjadi dalam organisasi tersebut. Ciri - ciri dari Konferensi Pers biasanya diadakan dalam sebuah ruangan yang disitu telah ada beberapa awak media yang sengaja diundang oleh Humas guna menyebarkan informasi atau pesan yang disampaikan. Bagi seorang Jurnalis konferensi pers tentu saja bermanfaat, sebab wartawan tidak perlu lagi mencari - cari berita atau mengejar narasumber yang tidak jelas keberadaannya. Metode Konferensi Pers menguntungkan bagi kedua belah pihak, bagi Humas dapat disalurkannya informasi atau pesan, sedangkan bagi jurnalis dapat bahan pemberitaan dengan mudah.
- Kunjungan Pers : Metode Kunjungan Pers hampir sama yaitu mengundang wartawan untuk datang, yang membedakan adalah situasi yang sedang dihadapi oleh organisasi. Biasanya Kunjungan Pers diadakan ketika organisasi tidak sedang mengalami krisis atau minimal krisis yang terjadi sudah dapat diatasi. Tujuan dengan diadakannya Kunjungan Pers untuk mendorong praktisi jurnalis memberitakan suatu pemberitaan yang positif. Latar diadakannya Kunjungan Pers biasanya terjadi pada saat Promosi produk atau jasa baru, Company Visit guna memberitakan seluk beluk dari perusahaan untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat, atau dalam keadaan peresmian pejabat dan kantor baru.
- Media Release : Metode ini sering kita dengan sebagai Press Release, yang dimaksud dengan Press Release adalah teks berita yang dibuat oleh praktisi humas mengenai isu atau pengenalan produk dan sosialisasi kebijakan kepada jurnalis dengan harapan akan dimuat dalam media massa. Tanpa adanya hubungan yang baik terlebih dahulu antara Humas dan Media Massa maka dapat dipastikan kecil kemungkinannya Press Release yang telah dikirimkan akan dimuat. Untuk itu ada baiknya seorang Praktisi Humas melakukan metode nomor 2 dan 3 terlebih dahulu untuk perkenalan.
Sekian penjelasan mengenai media relation public
digital, semoga bermanfaat.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_media
http://ciptakanide.blogspot.co.id/2013/09/hubungan-media-atau-media-relations.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_media
http://ciptakanide.blogspot.co.id/2013/09/hubungan-media-atau-media-relations.html
Komentar
Posting Komentar