Blog Digital PR


BLOG DIGITAL PR


Kegiatan kehumasan di sebuah perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk membangun citra perusahaan. Kehumasan dipahami menjadi sebuah senjata ampuh untuk mempengaruhi opini publik kepada perusahaan, tetapi kendala terbesar dalam perkembangan Kehumasan di Indonesia adalah kesalah pahaman para pembuat keputusan di perusahaan dalam menanggapi kegiatan kehumasan. Banyak yang berpikir bahwa kehumasan hanyalah memajang wanita cantik sebagai pegawai humas yang pandai berbicara mewakili perusahaan. Padahal fungsi humas jauh lebih berarti dari sekedar jual tampang dan pandai berbicara.

E-Public Relations Sebagai Sebuah Kampanye Kehumasan

            Istilah E-public relations mungkin masih sulit dicerna bagi para praktisi Kehumasan Indonesia. E-public relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di Internet. Malah kegiatan kehumasan bisa lebih fleksibel dari yang dilakukan di dunia nyata, ketika program kehumasan konvensional mengeluarkan budget hampir ratusan juta dalam sebuah perusahan besar, jika program tersebut dilakukan melalui Internet akan jauh lebih murah.
 
Apa Itu Blog?
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Blog merupakan perangkat marketing bisnis yang "poweful" saat ini. Tujuan utama Corporate Blogging adalah meningkatkan trafik pengunjung website instansi/perusahaan (driving traffic to company website) dan mendukung pemasaran online

Blog menjadikan website instansi/perusahaan lebih mudah dan cepat diakses user (publik). Posting blog "berperang" dengan posting lain untuk bisa menempati ranking teratas dalam halaman hasil pencarian (Search Engine Result Page, SERP). Website statis yang jarang update atau minim konten, sulit menarik klien dan konsumen baru. Tiap kali ada posting baru di situs instansi/perusahaan, maka otomatis ada halaman baru, dan mesin pencari seperti Google pun mengindeks satu halaman baru lagi. Inilah yang akan memainkan peran untuk menarik pengunjung, terlebih jika posting blognya berkualitas dan seo friendly.

   Fungsi Blog

Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Blog ini membantu PR dalam membangun citra positif perusahaan yaitu membantu dalam  memperkenalkan profil, serta produk perusahaan. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Salah satu fungsi blog bagi masyarakat yaitu dapat memberika informasi mengenai apa yang diinginkan masyarakat sebagai sasaran dari suatu perusahaan. Dimana dengan Blog juga perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Melalui blog,kita dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh pelanggan,yaitu dilihat dari komentar yang masuk di blog,baik itu saran,kritik,maupun kepuasan atau kekecewaan pelanggan terhadap produk dari perusaan.

Manfaat Blog sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya adalah :
  • Untuk penyampaian informasi mengenai suatu perusahaan
  • Mempermudah dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau keinginan pelanggan
  • Memperkenalkan identitas suatru perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya blog.
  • Membangun produk atau brand image
  • Menjaga dialog pelanggan
  • Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
  • Meningkatkan Penjualan
  • Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
  • Menciptakan citra yang baik suatu perusahaan
Itu merupakan beberapa manfaat blog bagi seorang Public Relations, dimana seorang PR harus dapat mempergunakan sebaik-baiknya jejaring sosial untuk mempermudah dia dalam menjalankan tugas serta fungsi sebagai seorang Public Relations.

Jadilah seorang pehumas yang kreatif agar dapat menjadi pehumas terbaik yang mengerjakan pekerjaannya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadi bacaan yang menambah wawasan kalian.

Daftar Pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html 
https://intermedianetwork.wordpress.com/2008/01/06/e-public-relations-memasyarakatkan-kegiatan-kehumasan-di-dunia-internet/
http://fungsiblogbagihumas.blogspot.co.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Public Relation dan Komunikasi Digital

Alat PR Digital

Strategi Kampanye PR Digital