Blog Digital PR
BLOG DIGITAL PR
Kegiatan kehumasan di sebuah
perusahaan menjadi sebuah keharusan untuk membangun citra perusahaan. Kehumasan
dipahami menjadi sebuah senjata ampuh untuk mempengaruhi opini publik kepada
perusahaan, tetapi kendala terbesar dalam perkembangan Kehumasan di Indonesia
adalah kesalah pahaman para pembuat keputusan di perusahaan dalam menanggapi
kegiatan kehumasan. Banyak yang berpikir bahwa kehumasan hanyalah memajang
wanita cantik sebagai pegawai humas yang pandai berbicara mewakili perusahaan.
Padahal fungsi humas jauh lebih berarti dari sekedar jual tampang dan pandai
berbicara.
E-Public Relations Sebagai Sebuah Kampanye Kehumasan
E-Public Relations Sebagai Sebuah Kampanye Kehumasan
Istilah E-public relations mungkin masih sulit
dicerna bagi para praktisi Kehumasan Indonesia. E-public relations adalah
kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan
dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai
melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di Internet. Malah kegiatan kehumasan bisa lebih fleksibel
dari yang dilakukan di dunia nyata, ketika program kehumasan konvensional
mengeluarkan budget hampir ratusan juta dalam sebuah perusahan besar, jika
program tersebut dilakukan melalui Internet akan jauh lebih murah.
Apa Itu Blog?
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog merupakan perangkat marketing bisnis yang "poweful" saat ini. Tujuan utama Corporate Blogging adalah meningkatkan trafik pengunjung website instansi/perusahaan (driving traffic to company website) dan mendukung pemasaran online
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog merupakan perangkat marketing bisnis yang "poweful" saat ini. Tujuan utama Corporate Blogging adalah meningkatkan trafik pengunjung website instansi/perusahaan (driving traffic to company website) dan mendukung pemasaran online
Blog menjadikan website instansi/perusahaan
lebih mudah dan cepat diakses user (publik). Posting blog "berperang"
dengan posting lain untuk bisa menempati ranking teratas dalam halaman hasil
pencarian (Search Engine Result Page, SERP). Website statis yang jarang update
atau minim konten, sulit menarik klien dan konsumen baru. Tiap kali ada posting
baru di situs instansi/perusahaan, maka otomatis ada halaman baru, dan mesin
pencari seperti Google pun mengindeks satu halaman baru lagi. Inilah yang akan
memainkan peran untuk menarik pengunjung, terlebih jika posting blognya
berkualitas dan seo friendly.
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.
Blog ini membantu PR dalam membangun citra
positif perusahaan yaitu membantu dalam
memperkenalkan profil, serta produk perusahaan. Perusahaan tidak dapat
menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Salah satu fungsi blog
bagi masyarakat yaitu dapat memberika informasi mengenai apa yang diinginkan
masyarakat sebagai sasaran dari suatu perusahaan. Dimana dengan Blog juga
perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Melalui blog,kita
dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh pelanggan,yaitu dilihat dari
komentar yang masuk di blog,baik itu saran,kritik,maupun kepuasan atau
kekecewaan pelanggan terhadap produk dari perusaan.
Manfaat Blog sebagai media PR dibandingkan dengan
media lainnya adalah :
- Untuk penyampaian informasi mengenai suatu perusahaan
- Mempermudah dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau keinginan pelanggan
- Memperkenalkan identitas suatru perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya blog.
- Membangun produk atau brand image
- Menjaga dialog pelanggan
- Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
- Meningkatkan Penjualan
- Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
- Menciptakan citra yang baik suatu perusahaan
Itu
merupakan beberapa manfaat blog bagi seorang Public Relations, dimana seorang
PR harus dapat mempergunakan sebaik-baiknya jejaring sosial untuk mempermudah
dia dalam menjalankan tugas serta fungsi sebagai seorang Public Relations.
Jadilah seorang
pehumas yang kreatif agar dapat menjadi pehumas terbaik yang mengerjakan
pekerjaannya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadi bacaan yang menambah
wawasan kalian.
Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
https://intermedianetwork.wordpress.com/2008/01/06/e-public-relations-memasyarakatkan-kegiatan-kehumasan-di-dunia-internet/
http://fungsiblogbagihumas.blogspot.co.id/
Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
https://intermedianetwork.wordpress.com/2008/01/06/e-public-relations-memasyarakatkan-kegiatan-kehumasan-di-dunia-internet/
http://fungsiblogbagihumas.blogspot.co.id/
Komentar
Posting Komentar