Interaktif PR Digital
Interaktif PR Digital
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Interaktif artinya bersifat saling melakukan
aksi; antar-hubungan; saling aktif; atau dalam istilah komputer berkaitan
dengan dialog antara komputer dan terminal atau antara komputer dan komputer. Sedangkan
interaktif menurut para ahli artinya adalah hal yang terkait dengan komunikasi
dua arah atau suatu hal yang saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan
serta mempunyai timbal balik antara satu dengan lainnya.
Pengertian Interaktif Digital Public Relations
Interaktif/Electronic Digital Public Relations adalah PR yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat dan menjangkau pengguna internet di belahan dunia manapun. Hal ini tidak mengherankan, sebab jaringan internet terhubung satu sama lain yang memungkinkan PR dapat saling berkomunikasi dalam bentuk chatting, memasuki website, blog, facebook. PR dapat sukses mendukung bidang penjualan, termasuk menggalang dukungan masyarakat dalam mengumpulkan dana.
e-PR Sebagai
Suatu Kampanye Kehumasan
Istilah e-PR
mungkin masih sulit dimengerti bagi para praktisi Kehumasan Indonesia. e-PR
atau Interaktif Digital PR adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia
Internet. Seluruh kegiatan kehumasan, dari mulai melakukan kegiatan publikasi
sampai melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di
Internet. Kegiatan e-PR lebih fleksibel dilakukan melalui Internet daripada
secara PR konvensional, dimana dalam sebuah perusahan besar biasanya
mengeluarkan budget ratusan juta, sedang jika program e-PR melalui dunia maya
akan jauh lebih murah.
Publikasi
Secara berkesinambungan e-PR memproduksi newsletter kepada member website
perusahaan, yang secara sukarela mendaftarkan alamat nya untuk dikirimkan
informasi tentang perusahaan anda. Sesuai target market perusahaan, e-PR
menulis artikel, press release mengenai produk usaha dalam milis.
Menciptakan
Berita melalui Media Relations
Untuk
menjaga hubungan baik dengan Jurnalist jika e-PR Officer mempunyai database
untuk siaran pres dapat disampaikan dengan segera dengan di ke alamat Jurnalist
yang terkait. Bila hubungan baik e-PR dengan Jurnalist sudah akrab, Jurnalist
dapat melakukan wawancara / konferensi dengan menggunakan Instant Messenger
seperti Yahoo Messenger atau yang lainnya. Hal ini saling menguntungkan dan
sangat memudahkan pekerjaan, menghemat waktu dibandingkan jika Jurnalist
melakukan wawancara dengan mendatangi kantor e-PR, waktu perjalanannya yang
cukup lama. Pekerjaan dapat dilakukan di Kantor masing-masing, dengan login,
hasil wawancara langsung dirangkum dalam bentuk teks pada format dalam MS word.
Membentuk
Opini Dukungan dan membentuk opini yang positif, tidak hanya dapat dilakukan
dengan media konvensional (wawancara) dan elektronik visual dan auditif (TV dan
Radio) saja, serta pameran, bahan cetakan dan yang lain. Saat ini, tugas dan
kegiatan Public Relations dapat dilakukan melalui sarana lain yaitu internet
(dunia maya). Penyebaran informasi akan cepat dan menjangkau pengguna internet
di belahan dunia manapun, sebab jaringan internet terhubung satu sama lain yang
memungkinkan mereka dapat saling berkomunikasi dalam bentuk chatting, memasuki
website, blog atau facebook.
Setelah
memahami pengertian tentang tugas dan kegiatan Interaktif Digital Public
Relations, maka anda sebagai akademisi dapat menyadari kelebihan dan kekurangan
dalam bekerja ada dunia maya Kita juga menyadari, jika e-PR mempunyai latar
belakang yang banyak mengerti mengenai teknologi informasi, dapat banyak
membantu pekerjaan e-PR secara menyeluruh.
Komentar
Posting Komentar