Media Sosial PR Digital
Media Sosial PR Digital
Kontribusi Media Sosial untuk
Kesuksesan Public Relations
Di dunia teknologi saat ini, sosial media menjadi alat paling penting
untuk berbagai bisnis. Ini
merupakan salah satu tanggung jawab dari tim Public Relations
(PR) untuk berkomunikasi dengan publik, dan salah satu alat yang efektif adalah
media sosial. Mari kita lihat
beberapa cara dimana media sosial memberikan kontribusi untuk keberhasilan PR
dan mengapa ini penting:
Kunci untuk sebuah kampanye yang sukses adalah selalu terlibat dengan audiens Anda secara konsisten. Hal ini sangat penting dan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah cara untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda.
Hubungan media
Selain televisi dan cetak, internet sekarang banyak digunakan sebagai sumber berita, hiburan, dan banyak lagi. Inilah saat yang tepat menggunakan sosial media untuk menghubungkan, menulis konten informatif, dan berbagi dengan publik. Ini adalah cara-cara yang bagus untuk membiarkan media menemukan Anda dan berita Anda, dan berinteraksi dengan mereka.
Membangun merek
Membangun reputasi positif untuk sebuah merek membutuhkan ketekunan. Dan tantangan yang lebih besar selalu hadir saat kita menjaga reputasi yang baik tersebut. Tidak bisa disangkal, iklan dapat membantu kita menjaga citra, sedangkan PR menjadi dasar untuk membangun merek. Langkah ini tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. Jadi apa peran sosial media di sini? Media sosial dapat membantu dalam proses karena memungkinkan perusahaan untuk menjangkau target audiens yang dituju.
Manajemen krisis
Sekarang perusahaan memiliki halaman penggemar (Facebook) dan Twitter. Gunakan untuk menanggapi dengan sopan setiap keluhan pelanggan. Selain kesempatan untuk meredakan situasi dengan cepat, Anda dapat menciptakan kesan purna jual yang baik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, media sosial adalah platform yang bagus untuk keterlibatan pelanggan secara keseluruhan jadi pastikan Anda siap untuk mengambil tindakan.
Loyalitas merek
Menanggapi komentar dan tweets dapat menghasilkan kesan yang positif. Hal ini dikarenakan para pelanggan dan pembaca merasa terlibat dan sangat dihargai. Ingat, loyalitas adalah lebih dari sekedar pembelian kembali. Pelanggan yang loyal tidak hanya akan kembali membeli produk Anda namun juga mendatangkan pelanggan baru. Satu hal lagi, agar fungsi media sosial maksimal, dengarkan audiens Anda. audiens Anda mungkin ingin berbagi cerita dengan Anda.
Sosial Media
Sebagai Sarana Penguat Bisnis
Dalam buku Cracking
Zone (Rhenald Kasali), dipaparkan sebuah studi dari lembaga riset
Ericsson yang menyebutkan bahwa salah satu alasan masyarakat Indonesia begitu
gandrung dengan teknologi mobile adalah bahwa teknologi ini digunakan sebagai
sarana untuk menguatkan bisnis. Jika dulu banyak perusahaan yang antipati
terhadap adanya sosial media, karena dianggap dapat menurunkan produktifitas
perusahaan, maka akhir-akhir ini trennya justru sebaliknya, banyak perusahaan
mulai mengikuti arus perubahan ini.
Perusahaan
PR Burson-Masteller merilis survey tentang pengaruh sosial media ini dalam
laporan “Global Social Media Check Up 2011” yang menyebutkan bahwa 25%
perusahaan di dunia menggunakan empat platform besar media sosial, yakni
Facebook, Twitter, Youtube dan Blog, sedangkan 84% lainnya menggunakan minimal
satu dari empat platform tersebut. Khusus untuk Twitter, sebanyak 67%
perusahaan tersebut menggunakan twitter untuk mention ke pengguna lain
dan 57% menggunakannya untuk retweet.
Setidaknya
ada beberapa alasan yang mendasari beberapa perusahaan mulai masuk ke dalam
sosial media, antara lain adalah:
- Mampu meningkatkan hubungan
antara perusahaan dengan konsumen.
Seperti dikatakan diatas, sosial media mampu merubah gaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan partisipatif, hal ini menyebabkan hubungan antara perusahaan dengan konsumennya menjadi lebih intens, lebih personal dan setara (horisontal). Media sosial memungkinkan konsumen untuk berkomentar langsung dengan apa yang sedang dilakukan atau yang sedang terjadi dengan perusahaan tersebut. Dengan menciptakan satu akun atau fanpages di Facebook atau bisa juga dengan sebuah akun Twitter, sebuah brand bisa berkomunikasi dengan konsumen dengan mudah dan dekat. Seperti yang dilakukan oleh SoyJoy dengan program SoyJoy Healthylicious di twitter yang memungkinkan adanya percakapan secara kontinu antara brand dengan konsumen dan konsumen dengan konsumen lainnya.
- Mampu mempercepat proses
pembuatan keputusan.
Dengan melemparkan sebuah topik atau survey akan sesuatu, maka konsumen dapat memberikan pendapatnya akan sesuatu tersebut dengan cepat, sehingga memudahkan untuk dapat membuat keputusan secara cepat. Sebagai contoh, Adrie Subono pemilik Java Musikindo, melalui akun twitternya seringkali melemparkan sebuah gagasan tentang event yang akan diadakan sehingga membuat para followernya ikut memberikan pendapat-pendapatnya.
- Meningkatkan brand awareness
dan user engagement. Dengan sosial media, maka sebuah brand mampu
mengumpulkan komunitas-komunitasnya dalam satu wadah tertentu, hal ini
tentu saja akan memudahkan brand untuk melakukan promosi atau sekedar
untuk berinteraksi dengan konsumen. Sebagai konsumen pun merasa semakin
dilibatkan dalam berbagai hal, karena suaranya semakin mudah terdengar.
Salah satu pemanfaatan sosial media untuk peningkatan brand awareness dan
user engagement adalah dengan pembuatan Facebook fanpages. Akun
Facebook Groovy Nations digunakan sebagai media untuk menampung
komunitasnya dan sebagai media promosi.
- Memudahkan viral marketing. Sebuah riset menyebutkan bahwa
per Januari 2011 sebanyak 53% tweet adalah sebuah re-tweet. Hal ini dapat
diartikan bahwa sebuah ide dapat berkembang lebih cepat dengan melemparkan
ide tersebut di ranah twitterland. Sour Sally membuat satu tweet
lewat akunnya tentang informasi diskon yang berlangsung dan tweet tersebut
langsung menyebar sampai ribuan kali re-tweet.
- Menurunkan biaya. Sosial media meningkatkan
efisiensi dari perusahaan, antara lain mengurangi biaya komunikasi karena
dengan sosial media setiap user adalah “juru bicara”, dapat juga
mengurangi biaya riset karena sosial media memudahkan untuk melakukan survey
langsung kepada konsumen dan mendapatkan masukan langsung dari konsumen.
Daftar
Pustaka
http://eddypriyo.blog.binusian.org/2011/04/10/peranan-dan-manfaat-sosial-media-bagi-perusahaanhttp://www.marketing.co.id/pr-sukses-di-era-social-media/
Komentar
Posting Komentar